RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
3. Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan
benar.
4. Setelah berlatih, siswa mampu
menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan
dan tepuk tangan dengan percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. ¡
Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Nasionalis |
10 menit |
Inti |
§ Secara individu siswa membaca teks
menghemat kertas yang ada di buku siswa. (Mengamati) § Siswa menuliskan sebanyak-banyaknya
manfaat dari kertas. Siswa menuliskan pada tabel yang disiapkan.
(Mengumpulkan data) § Setiap siswa memegang jawabannya.
Siswa mencari pasangan dengan aba-aba dari guru. Siswa menyampaikan
jawabannya teman pasangannya Collaboration. Siswa menambahkan jawaban dari
temannya ke tabel jika dirasa benar. Siswa bertukar pasangan sebanyak dua
kali. (Mengekplorasi) § Guru menanyakan: Apa yang terjadi
jika tidak ada kertas? Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru
menyampaikan pentingnya kertas dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya) § Siswa dibagi menjadi kelompok. Gotong Royong. Setiap kelompok terdiri dari 5
siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masalah berikut. -
Setujukah
kamu dengan penggunaan kertas seperti pada gambar berikut. -
Mengapa? § Siswa mendiskusikan sikap dan
alasannya. Collaboration § Setiap kelompok mempresentasikan
jawabannya di depan kelas. § Guru menguatkan bahwa kertas dibuat
dari pohon. Ketika kita boros kertas sama artinya dengan memicu semakin cepat
penebangan pohon. § Siswa menuliskan jawabannya di
kertas bekas. Salah satu § perwakilan kelompok akan
mempresentasikan jawabannya kepada kelompok lain. Siswa kelompok yang
mendengarkan bisa memberikan saran dan pendapatnya. Critical Thinking and Problem
Solving § Guru memberikan penguatan bahwa
menghemat kertas artinya kita melaksanakan hak dan kewajiban dengan seimbang.
Guru menyampaikan sebisa mungkin menggunakan kertas bekas dalam kegiatan
sehari-hari. § Siswa akan kembali berlatih lagu
“Memanam Jagung”. Communication § Guru mencontohkan lagu “Menanam
Jagung” dengan iringan ketukan tempo sedang. Guru mencontohkan dengan
ekspresi yang tepat. (Mengekplorasi) § Siswa menyanyikan syair lagu dengan
bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba ketukan
dengan tempo aba-aba sedang. Integritas § Siswa dibagi ke dalam kelompok.
Siswa berlatih dalam kelompoknya syair lagu ini dengan tempo sedang, siswa
juga memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk
tangan. Critical Thinking
and Problem Solving § Setiap siswa akan maju menyanyi di
depan kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus
sesuai dengan lagu. § Setelah semua siswa selesai, siswa
meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah
nyanyikan. |
35 Menit
X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. PPKn: Cerita pengalaman menggunakan
kertas.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menceritakan
satu pengalaman menggunakan energi kertas. |
|
|
Menuliskan
hak yang didapat dari menggunakan kertas. |
|
|
Menilai
apakah sudah mendapatkan hak dengan baik. |
|
|
Menuliskan
kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan. |
|
|
Menilai
apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik. |
|
|
Menuliskan
rencana tindak lanjut. |
|
|
2. SBdP-menyanyikan lagu Menanam Jagung
dengan tempo sedang.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menyanyikan
lagu sesuai tinggi renda nada. |
|
|
Menyanyikan
lagu sesuai tempo. |
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/11M5Dd0GZsc6qbnf8TBLZlNTExf79F3VP/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar