Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 2                              :     Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                      :     Manfaat Energi

Pembelajaran                    :     2

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

3.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan dengan percaya diri.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

¡   Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Nasionalis

10 menit

Inti

§  Secara individu siswa membaca teks menghemat kertas yang ada di buku siswa. (Mengamati)

§  Siswa menuliskan sebanyak-banyaknya manfaat dari kertas. Siswa menuliskan pada tabel yang disiapkan. (Mengumpulkan data)

§  Setiap siswa memegang jawabannya. Siswa mencari pasangan dengan aba-aba dari guru. Siswa menyampaikan jawabannya teman pasangannya Collaboration. Siswa menambahkan jawaban dari temannya ke tabel jika dirasa benar. Siswa bertukar pasangan sebanyak dua kali. (Mengekplorasi)

§  Guru menanyakan: Apa yang terjadi jika tidak ada kertas? Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menyampaikan pentingnya kertas dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)

§  Siswa dibagi menjadi kelompok. Gotong Royong. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masalah berikut.

-        Setujukah kamu dengan penggunaan kertas seperti pada gambar berikut.

-        Mengapa?

§  Siswa mendiskusikan sikap dan alasannya. Collaboration

§  Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya di depan kelas.

§  Guru menguatkan bahwa kertas dibuat dari pohon. Ketika kita boros kertas sama artinya dengan memicu semakin cepat penebangan pohon.

§  Siswa menuliskan jawabannya di kertas bekas. Salah satu

§  perwakilan kelompok akan mempresentasikan jawabannya kepada kelompok lain. Siswa kelompok yang mendengarkan bisa memberikan saran dan pendapatnya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru memberikan penguatan bahwa menghemat kertas artinya kita melaksanakan hak dan kewajiban dengan seimbang. Guru menyampaikan sebisa mungkin menggunakan kertas bekas dalam kegiatan sehari-hari.

§  Siswa akan kembali berlatih lagu “Memanam Jagung”. Communication

§  Guru mencontohkan lagu “Menanam Jagung” dengan iringan ketukan tempo sedang. Guru mencontohkan dengan ekspresi yang tepat. (Mengekplorasi)

§  Siswa menyanyikan syair lagu dengan bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba ketukan dengan tempo aba-aba sedang. Integritas

§  Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa berlatih dalam kelompoknya syair lagu ini dengan tempo sedang, siswa juga memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk tangan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Setiap siswa akan maju menyanyi di depan kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus sesuai dengan lagu.

§  Setelah semua siswa selesai, siswa meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah nyanyikan.

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.     PPKn: Cerita pengalaman menggunakan kertas.

Kriteria

Ya

Tidak

 

Menceritakan satu pengalaman menggunakan energi kertas.

 

 

 

Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan kertas.

 

 

 

Menilai apakah sudah mendapatkan hak dengan baik.

 

 

 

Menuliskan kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan.

 

 

 

Menilai apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik.

 

 

 

Menuliskan rencana tindak lanjut.

 

 

 

 

 

2.     SBdP-menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.

Kriteria

Ya

Tidak

 

Menyanyikan lagu sesuai tinggi renda nada.

 

 

 

Menyanyikan lagu sesuai tempo.

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/11M5Dd0GZsc6qbnf8TBLZlNTExf79F3VP/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...