RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
tulis dengan mandiri.
2. Setelah membaca, siswa mampu
menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah percobaan, siswa mampu
menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera
pendengaran dengan runtut.
4. Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke
indera pendengaran dengan sistematis.
5. Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda
agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
6. Setelah diskusi dan membaca, siswa
mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman
berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa diingatkan kembali tentang
keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati) § Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya) -
Siapa
di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu?
Budha? Kong Hu Chu? -
Bagaimana
sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama? § Siswa diminta untuk saling
menginformasikan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan teman yang
memiliki agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan) § Siswa diminta untuk membaca senyap
teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari
paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian menuliskannya pada diagram yang
tersedia. Literasi § Siswa diingatkan kembali pada
pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi. § Guru mengajukan pertanyaan sebagai
kegiatan pembuka. (Menanya) -
Bagaimana
kita dapat mengetahui asal sumber bunyi? § Siswa secara berpasangan akan
melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber
bunyi hingga sampai ke telinga pendengar.
Collaboration § Siswa melakukan percobaan sederhana
untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang terdapat di
buku. (Mengekplorasi) § Siswa kemudian menuliskan laporan
tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa diingatkan kembali tentang
keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan agama
tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi, saling
menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas § Siswa membaca senyap teks tentang
sikap toleransi dan kerja sama antar pemeluk agama yang berbeda. Literasi § Siswa secara berpasangan atau dalam
kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita Gotong
Royong § Memberikan penguatan tentang
pentingnya mempraktikkan sikap toleransi
dan kerja sama antar teman yang berbeda agama. Integritas § Siswa kemudian menjawab pertanyaan
tentang sikap toleransi dan kerja sama mereka selama ini, di dalam buku yang
tersedia. (Menanya) |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1XYe659PJRklVXPKm7kxWIHYRaSyTkHGc/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar