Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1

Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran                    :  1

Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

3.     Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.

4.     Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.

5.     Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

6.     Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa diingatkan kembali tentang keragaman budaya dan suku yang menjadi identitas bangsa Indonesia. (Mengamati)

§  Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)

-        Siapa di antara kalian yang beragama Islam? Kristen Protestan? Katolik?Hindu? Budha? Kong Hu Chu?

-        Bagaimana sikap kalian kepada teman-teman yang berbeda agama?

§  Siswa diminta untuk saling menginformasikan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan teman yang memiliki agama yang berbeda dalam kelompok. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa diminta untuk membaca senyap teks yang tersedia dan menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari paragraf kesatu, kedua, dan ketiga, kemudian menuliskannya pada diagram yang tersedia. Literasi

§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi.

§  Guru mengajukan pertanyaan sebagai kegiatan pembuka. (Menanya)

-        Bagaimana kita dapat mengetahui asal sumber bunyi?

§  Siswa secara berpasangan akan melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar. Collaboration

§  Siswa melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan tentang sumber bunyi berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)

§  Siswa kemudian menuliskan laporan tentang sumber bunyi berdasarkan hasil percobaan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa diingatkan kembali tentang keragaman agama yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Perbedaan agama tersebut menuntut para pemeluknya untuk melaksanakan sikap toleransi, saling menghargai, dan tetap bekerja sama guna menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Integritas

§  Siswa membaca senyap teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antar pemeluk agama yang berbeda. Literasi

§  Siswa secara berpasangan atau dalam kelompok kecil mendiskusikan sikap yang bisa ditauladani dari isi cerita  Gotong Royong

§  Memberikan penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama. Integritas

§  Siswa kemudian menjawab pertanyaan tentang sikap toleransi dan kerja sama mereka selama ini, di dalam buku yang tersedia. (Menanya)

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 




DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1:

https://drive.google.com/file/d/1XYe659PJRklVXPKm7kxWIHYRaSyTkHGc/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...