Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                 :    Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran               :    6

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang secara dengan benar.

2.    Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang dengan benar.

3.    Setelah membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.

4.    Setelah membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah secara terstruktur.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§   Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.(Mengkomunikasikan)

§   Siswa membaca informasi di buku siswa. Literasi

§   Siswa membaca kembali teks tentang Suku Minang. (Mengamati)

§   Siswa menemukan dan menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk setiap paragraf pada diagram yang terdapat dalam buku siswa Mandiri

§   Siswa menuliskan kesimpulan tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung di buku siswa.

§   Siswa membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah mereka. Integritas

 

150 menit

Penutup

1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan Pokok

Seluruh gagasan

pokok ditulis

dengan tepat

untuk setiap

paragraf.

Sebagian besar

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian kecil

gagasan pokok

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pokok tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Gagasan

Pendukung

Seluruh gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian

besar gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Sebagian

kecil gagasan

pendukung

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Seluruh gagasan

pendukung tidak

ditulis dengan

tepat untuk

setiap paragraf.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

2. PPKn

Rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Rencana

penerapan nilai

persatuan dan

kesatuan di

rumah

Menyebutkan

paling sedikit 4

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan di

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 3

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan di

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 2

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan di

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 1

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan di

rumah dengan

benar.

Rencana

penerapan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

rumah

Menyebutkan

paling sedikit 4

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 3

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 2

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

rumah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 1

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

rumah dengan

benar.

Rencana

penerapan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

sekolah.

Menyebutkan

paling sedikit 4

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

sekolah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 3

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

sekolah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 2

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

sekolah dengan

benar.

Menyebutkan

paling sedikit 1

contoh perilaku

yang sudah

dan belum

mencerminkan

nilai persatuan

dan kesatuan

di lingkungan

sekolah dengan

benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

Pengayaan

§  Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tambahan yang disediakan guru.

 

Remedial

§  Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf di bawah arahan dari guru.

Download  RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

https://drive.google.com/file/d/10KXduJhuv8cWwAb28iOpKYx_v5yk8moU/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...