RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang
secara dengan benar.
2.
Dengan membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks tulis tentang keragaman sosial dan budaya suku Minang
dengan benar.
3.
Setelah membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap
persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah
rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan
di lingkungan sekolah secara terstruktur.
4.
Setelah membaca teks tentang suku
Minang, siswa mampu membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan
dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah dengan Buatlah rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di
lingkungan sekolah secara terstruktur.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Guru menyampaikan bahwa
warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman
serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi,
budaya, etnis, dan agama.(Mengkomunikasikan)
§ Siswa membaca informasi di
buku siswa. Literasi § Siswa membaca kembali teks
tentang Suku Minang. (Mengamati) § Siswa menemukan dan
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk setiap
paragraf pada diagram yang terdapat dalam buku siswa Mandiri §
Siswa menuliskan kesimpulan tentang perbedaan gagasan
pokok dan gagasan pendukung di buku siswa. §
Siswa membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap
persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolah mereka. Integritas |
150 menit |
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, .................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4 ................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Diagram
gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan Pokok |
Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Gagasan Pendukung |
Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2. PPKn
Rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di rumah |
Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah |
Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar. |
Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. |
Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar. |
Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dengan benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
Pengayaan
§
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks tambahan yang disediakan guru.
Remedial
§
Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih
sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi
paragraf di bawah arahan dari guru.
Download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6
https://drive.google.com/file/d/10KXduJhuv8cWwAb28iOpKYx_v5yk8moU/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar