Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1

Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran                    :  4

Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.

2.     Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.

4.     Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Integritas

10 menit

Inti

§  Siswa membaca teks yang ada di buku siswa. Literasi

§  Siswa membaca teks dengan membaca berantai. Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan. Siswa yang ditunjuk kemudian melanjutkan bacaan siswa sebelumnya. (Mengomunikasikan)

§  Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf dengan hati-hati. Mandiri

§  Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa.

§  Guru meminta siswa untuk mempresentasikan jawabannya (fokus 1 paragraf) di depan. Siswa juga menyampiakan persamaan dan perbedaan jawabannya dengan temannya. (Mengekplorasi)

§  Di akhir sesi, guru menanyakan bagaimana menemukan gagasan pokok? Bagaimana menemukan gagasan pendukung? Siswa bisa menyampaikan jawabannya. Guru menguatkan berbagai cara untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. (Menanya)

§  Siswa akan dibagi ke dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok guru meminta siswa mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia. Collaboration

§  Setiap kelompok ditugaskan untuk mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya kepada pegawai sekolah, mencari informasi di buku atau bahan bacaan. Siswa juga bisa bertanya ke siswa lain. Mandiri

§  Siswa menulis hasil temuaanya di buku siswa. Hal-hal yang harus ditulis adalah pengertian, contoh, kegiatan yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari kegiatan ini. Mandiri

§  Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Collaboration

§  Kelompok lain bisa memberikan masukan atau menceritakan pengalamannya. Literasi

§  Guru menguatkan bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah hal baik yang harus tetap kita lestarikan. Guru memotivasi siswa jika ada kegiatan tersebut di lingkungannya bisa ikut membantu

 

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mengidentifikasi

gagasan pokok

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 4 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 3 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 2 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

gagasan pokok

dari 1 paragraf

dengan benar.

Mengidentifikasi

Gagasan

Pendukung

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 4

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 3

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 2

paragraf dengan

benar.

Mengidentifikasi

gagasan

pendukung dari 1

paragraf dengan

benar.

Mengkomunikasikan

Menuliskan

secara sistematis,

mudah dipahami,

menggunakan

bahasa baku.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

2. PPKn: Diskusi pada saat membahasa tentang kerjasama di lingkungan.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

 DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/1zMKRdd2VFPs1WTOxbKGJvMFkzb_hEKHP/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...