RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.
2. Setelah membaca teks siswa mampu
menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah
disiapkan dengan sistematis.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.
4. Setelah mencari informasi, siswa mampu
mempresentasikan contoh-contoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti,
siskamling, gotongroyong, dll.).
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. Integritas |
10 menit |
Inti |
§ Siswa membaca teks yang ada di buku
siswa. Literasi § Siswa membaca teks dengan membaca
berantai. Guru menunjuk satu siswa dan siswa lain mendengarkan. Siswa yang
ditunjuk kemudian melanjutkan bacaan siswa sebelumnya. (Mengomunikasikan) § Guru meminta setiap siswa untuk
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Siswa membaca setiap paragraf
dengan hati-hati. Mandiri § Siswa menuliskan gagasan pokok dan
gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa. § Guru meminta siswa untuk
mempresentasikan jawabannya (fokus 1 paragraf) di depan. Siswa juga menyampiakan
persamaan dan perbedaan jawabannya dengan temannya. (Mengekplorasi) § Di akhir sesi, guru menanyakan
bagaimana menemukan gagasan pokok? Bagaimana menemukan gagasan pendukung?
Siswa bisa menyampaikan jawabannya. Guru menguatkan berbagai cara untuk menemukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung. (Menanya) § Siswa akan dibagi ke dalam kelompok.
Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok guru meminta siswa
mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia. Collaboration § Setiap kelompok ditugaskan untuk
mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya
kepada pegawai sekolah, mencari informasi di buku atau bahan bacaan. Siswa
juga bisa bertanya ke siswa lain. Mandiri § Siswa menulis hasil temuaanya di
buku siswa. Hal-hal yang harus ditulis adalah pengertian, contoh, kegiatan
yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari kegiatan
ini. Mandiri § Setiap kelompok mempresentasikan hasil
pekerjaannya di depan kelas. Collaboration § Kelompok lain bisa memberikan masukan
atau menceritakan pengalamannya. Literasi § Guru menguatkan bahwa
kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah hal baik yang harus tetap kita lestarikan.
Guru memotivasi siswa jika ada kegiatan tersebut di lingkungannya bisa
ikut membantu
|
150
menit |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mengidentifikasi gagasan pokok |
Mengidentifikasi gagasan
pokok dari
4 paragraf dengan
benar. |
Mengidentifikasi gagasan
pokok dari
3 paragraf dengan
benar. |
Mengidentifikasi gagasan
pokok dari
2 paragraf dengan
benar. |
Mengidentifikasi gagasan
pokok dari
1 paragraf dengan
benar. |
Mengidentifikasi Gagasan Pendukung |
Mengidentifikasi gagasan pendukung
dari 4 paragraf
dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung
dari 3 paragraf
dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung
dari 2 paragraf
dengan benar. |
Mengidentifikasi gagasan pendukung
dari 1 paragraf
dengan benar. |
Mengkomunikasikan |
Menuliskan secara
sistematis, mudah
dipahami, menggunakan bahasa
baku. |
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang diharapkan. |
Belum
memenuhi kriteria
yang diharapkan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
2. PPKn: Diskusi pada saat membahasa
tentang kerjasama di lingkungan.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman
yang berbicara
namun sesekali
masih perlu
diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara, namun
tidak mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi
non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon
sesuai dengan
topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang
sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1zMKRdd2VFPs1WTOxbKGJvMFkzb_hEKHP/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar