Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 3                 :    Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran               :    5

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati gambar, membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan informasi pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam dilingkungan sekitar mereka dengan runtut.

2.    Dengan mengamati gambar, membaca teks dan berdiskusi, siswa mampumenyajikan informasi tentang pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan sistematis.

3.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya senimontase dengan runtut.

4.    Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni montase dengan baik.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

 

10 menit

Inti

§  Siswa diminta memajang karya seni montase yang telah mereka buat sebelumnya di meja masing- masing. Communication

§  Siswa menjelaskan hasil karya mereka kepada teman satu kelompok secara bergiliran.

§  Setiap siswa diminta mengamati hasil karya teman-temannya dan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi.

§  Siswa menuliskan apresiasi mereka pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa memilih salah satu hasil karya temannya.

§  Siswa menulis apresiasi mereka tentang karya temannya tersebut dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Integritas

§  Siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang hasil karya teman mereka tersebut. Literasi

§  Siswa menuliskan bagaimana pendapat mereka tentang hasil karya tersebut.

§  Siswa menuliskan pendapat mereka tentang bagian yang menarik dari karya tersebut beserta alasan.

§  Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut lebih baik lagi.

§  Siswa menuliskan jawaban ataa pertanyaan guru di buku siswa.

§  Siswa menukarkan jawaban mereka dengan teman dan mendiskusikan perbedaan yang ada. Gotong Royong

§  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.

§  Siswa menuliskan hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

§  Siswa menuliskan ciri-ciri warga yang memiliki sikap tidak mencintai lingkungan. (Mengumpulkan informasi)

§  Siswa menuliskan ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan. Integritas

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

F.     MATERI PEMBELAJARAN

§  Mengapresiasi karya seni montase

§  Mengomunikasikan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam

 

G.    METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan     : Saintifik

¡  Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

H.    PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPS

Diskusi dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara

namun

sesekali

masih perlu

diingatkan.

Masih perlu

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi

non verbal

(kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi

wajah, suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi

non verbal

dengan tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide,

perasaan,

pikiran)

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon

sesuai dengan

topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang

berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP

Mengapresiasi karya mozaik dinilai dengan daftar periksa.

No

Kriteria

Ya

Tidak

Catatan

1

Siswa menuliskan yang mereka ketahui tentang hasil karya montase temannya.

 

 

 

2

Siswa menuliskan bagaimana pendapatnya tentang hasil karya montase tersebut.

 

 

 

3

Siswa menuliskan hal yang menarik dari karya montase tersebut beserta alasannya.

 

 

 

4

Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

3.  Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin tahu, dan kerja sama).

No

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Ber-kembang

Membu-daya

Ket.

1

Teliti

 

 

P

 

 

2

Bertanggung Jawab

 

P

 

 

 

3

Disiplin

 

 

 

 

 

 

Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa menuliskan 4 cara yang dapat dilakukan seorang anak untuk menunjukkan sikap

cinta lingkungan. Siswa mendiskusikannya dengan orang tua.

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/1657BckJGh6yYMUn3vEwG3vXPVug94Mb3/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...