RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 3 : Ayo
Cintai Lingkungan
Pembelajaran :
5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar, membaca teks
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan informasi pemanfaatan dan pelestarian
sumber daya alam dilingkungan sekitar mereka dengan runtut.
2.
Dengan mengamati gambar, membaca teks
dan berdiskusi, siswa mampumenyajikan informasi tentang pemanfaatan dan
pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan sistematis.
3.
Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara
mengapresiasi karya senimontase dengan runtut.
4.
Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduanpertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya
seni montase dengan baik.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli Terhadap
Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit |
Inti |
§
Siswa diminta memajang karya seni
montase yang telah mereka buat sebelumnya di meja masing- masing. Communication §
Siswa menjelaskan hasil karya mereka
kepada teman satu kelompok secara bergiliran. §
Setiap siswa diminta mengamati
hasil karya teman-temannya dan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi. §
Siswa menuliskan apresiasi mereka
pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja.
(Mengkomunikasikan) §
Siswa memilih salah satu hasil karya
temannya. §
Siswa menulis apresiasi mereka
tentang karya temannya tersebut dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di
buku siswa. Integritas §
Siswa menuliskan apa saja yang
mereka ketahui tentang hasil karya teman mereka tersebut. Literasi §
Siswa menuliskan bagaimana pendapat
mereka tentang hasil karya tersebut. §
Siswa menuliskan pendapat mereka
tentang bagian yang menarik dari karya tersebut beserta alasan. §
Siswa menuliskan saran agar karya
seni tersebut lebih baik lagi. §
Siswa menuliskan jawaban ataa
pertanyaan guru di buku siswa. §
Siswa menukarkan jawaban mereka dengan
teman dan mendiskusikan perbedaan yang ada. Gotong Royong §
Siswa menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa. §
Siswa menuliskan hal yang dapat
dilakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan. §
Siswa menuliskan ciri-ciri warga
yang memiliki sikap tidak mencintai lingkungan. (Mengumpulkan informasi) § Siswa
menuliskan ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan. Integritas
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Mengapresiasi karya seni montase
§ Mengomunikasikan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPS
Diskusi
dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan:
penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1
2. SBdP
Mengapresiasi
karya mozaik dinilai dengan daftar periksa.
No |
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1 |
Siswa menuliskan yang mereka ketahui tentang hasil karya
montase temannya. |
|
|
|
2 |
Siswa menuliskan bagaimana pendapatnya tentang hasil karya
montase tersebut. |
|
|
|
3 |
Siswa menuliskan hal yang menarik dari karya montase
tersebut beserta alasannya. |
|
|
|
4 |
Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut lebih baik
lagi. |
|
|
|
3. Penilaian sikap (percaya diri, rasa ingin
tahu, dan kerja sama).
No |
Sikap |
Belum
Terlihat |
Mulai
Terlihat |
Mulai Ber-kembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Teliti |
|
|
P |
|
|
2 |
Bertanggung Jawab |
|
P |
|
|
|
3 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
Kerja Sama
dengan Orang Tua
Siswa menuliskan 4
cara yang dapat dilakukan seorang anak untuk menunjukkan sikap
cinta lingkungan. Siswa mendiskusikannya
dengan orang tua.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1657BckJGh6yYMUn3vEwG3vXPVug94Mb3/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar