RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan
terperinci.
2.
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3.
Dengan percobaan, siswa mampu
menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.
Setelah percobaan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
dalam kehidupan dengan sistematis.
5.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6.
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5
siswa. Collaboration §
Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa. Literasi §
Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?) Communication §
Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut. 1. Apa yang diceritakan gambar tersebut? 2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu! §
Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada
kelompok sebelahnya. Collaboration §
Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas.
Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya. §
Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari
gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada
teman sebelahnya. Mandiri §
Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru
membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa
untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti. Critical Thinking and Problem Solving §
Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya
cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas. (Mengamati) §
Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari
bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap
detail pada gambar tersebut. §
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. Mandiri §
Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat
lain matahari selain yang telah tertera pada gambar. Creativity
and Innovation §
Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka
kedalam bentuk tulisan/cerita . §
Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari
yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi. §
Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam,
dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di
Bumi. §
Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat
cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku.
(Mengekplorasi) §
Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas
membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi §
Siswa kemudian menuliskan manfaat matahri bagi kehidupan
di Bumi dalam bentuk peta pikiran. Mandiri §
Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam
bentuk tulisan maupun gambar. §
Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya
alam. §
Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan
hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi. §
Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek
benda berdasarkan hasil percobaan. §
Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk
laporan. §
Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di
buku. §
Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian
mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber
daya alam. Gotong
Royong §
Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya
alam. §
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan
menuliskannya di buku. §
Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban
mereka. Collaboration §
Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan
salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat
kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha
menjaga keberadaannya. (Mengekplorasi) §
Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang
teman untuk diberikan masukan. (Mengkomunikasikan) §
Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan. Literasi §
Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya alam yang
dipilih dan yang diperjualbelikan, serta
contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Teks visual
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat
Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu
Pendampinga (1) |
|||||
Mengidentifikasi gambar |
Mengidentifikasi semua
gambar dengan cermat. ü |
Mengidentifikasi sebagian
besar gambar dengan cermat. |
Mengidentifikasi sebagian
gambar dengan cermat. |
Mengidentifikasi sebagian
kecil gambar dengan cermat. |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 15 x 10 = 7,5
20
1. IPA
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat
Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu
Pendampinga (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 11 x 10 = 9,1
12
Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian halaman
lain
3.IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai
menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat
Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu
Pendampinga (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 10 x 10 = 7,5
12
b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah
dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat
Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu
Pendampinga (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Penilaian (Skoring): Total Nilai Siswa x 10
Total Nilai Maksimal
Contoh: 7 x 10 = 8,75
8
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa
dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau
mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas
matahari.
Remedial
Bagi siswa yang belum terampil
menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan sebaliknya, akan
diberikan pendampingan oleh guru.
Siswa
tersebut dapat diberikan tugas rumah terkait materi.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1:
https://drive.google.com/file/d/1vnhByb1KoeKalC-kcGzoOWH9nNbgy2Mq/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar