RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran :
5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi dengan percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Setelah memperhatikan guru
memberikan contoh, siswa mencoba menyanyikan not angka yang terdapat pada
lagu Anak Indonesia. (Mengamati) §
Siswa diminta memperhatikan tinggi
rendah nada ketika guru menyanyikan. (Mengamati) §
Siswa dipandu guru menyanyikan
not-not angka pada lagu tersebut dengan nada yang tepat. (Mengekplorasi) §
Siswa diminta memperhatikan gambar
yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati) §
Siswa diminta membuat pertanyaan tentang
pemanfaatan batu bara yang terlihat pada gambar di buku siswa.
(Mengkomunikasikan) §
Siswa menukarkan pertanyaan dengan
teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama. Gotong
Royong §
Siswa menuliskan hasil diskusi.
(Mengkomunikasikan) § Siswa
melanjutkan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri § Berdasarkan
hasil analisis, siswa menjawab pertanyaan. § Siswa
mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. IPS
Diskusi
dan presentasi dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Sangat
Baik |
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Struktur Presentasi |
Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasi kan secara runtut. |
Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasi kan secara runtut. |
Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Gagasan pokok dan gagasan pendukun g tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung |
Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di
lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar. |
Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang
terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar. |
Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat
di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar. |
Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan
anekdot.
3. Penilaian Sikap (perilaku jujur dan
santun).
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1ANgmVJ1v_ZYkp3Gp-NrpjWSlqVlfCalZ/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar