Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 2                 :   Manfaat Energi

Pembelajaran               :    5

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.

2.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

3.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan benar.

4.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Setelah memperhatikan guru memberikan contoh, siswa mencoba menyanyikan not angka yang terdapat pada lagu Anak Indonesia. (Mengamati)

§  Siswa diminta memperhatikan tinggi rendah nada ketika guru menyanyikan. (Mengamati)

§  Siswa dipandu guru menyanyikan not-not angka pada lagu tersebut dengan nada yang tepat. (Mengekplorasi)

§  Siswa diminta memperhatikan gambar yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)

§  Siswa diminta membuat pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara yang terlihat pada gambar di buku siswa. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya bersama-sama. Gotong Royong

§  Siswa menuliskan hasil diskusi. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa melanjutkan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Mandiri

§  Berdasarkan hasil analisis, siswa menjawab pertanyaan.

§  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

 

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    IPS

Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Struktur

Presentasi

Presentasi

memuat pembukaan, inti dan penutup serta

dikomunikasi kan secara runtut.

Presentasi

memuat pembukaan atau

penutup dan inti serta dikomunikasi kan secara runtut.

Presentasi

hanya memuat inti dan

disampaikan dengan runtut.

Presentasi

hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan

pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar

gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil

gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan

pokok dan gagasan pendukun g tidak sesuai tema.

Fakta

Pendukung

Seluruh fakta

tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian

besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil

fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang

terdapat di lingkungan provinsi masing-masing tidak

benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

2.    SBdP

 

Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.

 

 

3. Penilaian Sikap (perilaku jujur dan santun).

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/1ANgmVJ1v_ZYkp3Gp-NrpjWSlqVlfCalZ/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...