Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 2                        :  Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 1                 :   Sumber Energi

Pembelajaran               :  2

Alokasi Waktu              :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam jagung” dengan benar.

2.  Setelah mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru dengan benar.

3.  Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

4.  Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati notasi angka lagu “Menanam Jagung". Guru menyanyikan notasi lagu tersebut dan siswa mendengarkan. (Mengamati)

§  Siswa mengidentifikasi tinggi rendah nada berdasarkan notasi yang ada. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru menjelaskan konsep tinggi rendah nada. Communication

§  Guru mempraktikkan urutan nada dan siswa menirukan bersama-sama.

§  Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan nada tinggi dan nada rendah. Mandiri

§  Guru dan siswa menyanyikan notasi bersama-sama dengan ketukan dari guru. Integritas

§  Siswa dibagi dalam kelompok. Collaboration Setiap kelompok dipilih pemimpin. Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu sesuai dengan tinggi rendah. Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba dengan ketukan. (Mengekplorasi)

§  Setiap kelompok maju ke depan untuk menyanyikan notasi dengan ketukan dari guru. Kelompok lain memberikan komentar. Gotong Royong

§  Siswa yang masih kesulitan bisa berlatih lagi di rumah. Guru bisa meminta bantuan siswa lain untuk mendampingi.

§  Guru membawa air keruh dan air bersih ke dalam kelas. Guru menanyakan manfaat air bersih bagi kehidupan. Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menanyakan kembali. (Menanya)

§  Siswa menjawab secara bergantian. Guru menyampaikan bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat hak dan kewajiban. Communication

§  Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa.

§  Siswa menjawab pertanyaan. Siswa menukarkan jawaban dengan temannya. Mandiri

§  Beberapa siswa menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan kesimpulan secara klasikal. Communication

§  Secara individu siswa menuliskan perbedaan hak dan kewajiban. Mandiri

Penilaian 2

Hal-hal yang perlu ditulis oleh siswa adalah:

1. Arti hak

2. Arti kewajiban

3. Contoh hak dan kewajiban

4. Pentingnya mendapatkan hak

5. Pentingnya melaksanakan kewajiban

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.    SBdP : Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung dengan tinggi rendah nada.

Kriteria

Ya

Tidak

 

Melafalkan notasi dengan benar.

 

 

 

Menyanyikan notasi sesuai dengan tinggi rendah nada.

 

 

 

Menyanyikan sesuai dengan tempo ketukan.

 

 

 

 

2.    PPKn-perbedaan Hak dan Kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampinga

(1)

 

Arti

 

Menjelaskan

arti hak dan kewajiban dengan benar.

 

Hanya menjelaskan salah satu (hak atau kewajiban) dengan benar.

 

Menjelaskan

arti hak dan kewajiban dengan kurang tepat.

 

Belum mampu

menjelaskan arti hak dan kewajiban.

 

contoh

 

Memberikan

masing-masing 2 contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

Memberikan

2 contoh hak

dalam kehidupan masyarakat dan 1 contoh kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

(atau sebaliknya).

 

 

 

Memberikan

masing-masing 1

contoh hak dan

kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

 

Baru mampu

memberikan

satu contoh hak untuk hak atau kewajiban dengan benar.

 

Pentingnya

hak dan

kewajiban

 

Menjelaskan

pentingnya

mendapatkan hak dengan tepat. Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban dengan tepat.

 

Menjelaskan

pentingnya

mendapatkan hak dengan tepat. Namun ketika menjelaskan pentingnya melaksanaka n kewajiban masih belum tepat atau sebaliknya.

 

Menjelaskan

pentingnya

mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dengan kurang tepat.

 

Belum mampu

menjelaskan

pentingnya mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

 DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/1socTtl6_VuYt012oIOQaQuaDer86ZJAo/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...