RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran :
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks
lagu “Menanam jagung” dengan benar.
2. Setelah
mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung”
Sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru dengan benar.
3. Setelah
berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan
masyarakat dengan benar.
4. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan
masyarakat dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa mengamati notasi angka lagu
“Menanam Jagung". Guru menyanyikan notasi lagu tersebut dan siswa
mendengarkan. (Mengamati) § Siswa mengidentifikasi tinggi rendah
nada berdasarkan notasi yang ada. Critical
Thinking and Problem Solving § Guru menjelaskan konsep tinggi
rendah nada. Communication § Guru mempraktikkan urutan nada dan
siswa menirukan bersama-sama. § Siswa menandai bagian-bagian yang
merupakan nada tinggi dan nada rendah. Mandiri § Guru dan siswa menyanyikan notasi
bersama-sama dengan ketukan dari guru. Integritas § Siswa dibagi dalam kelompok. Collaboration Setiap kelompok dipilih pemimpin.
Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu sesuai dengan tinggi rendah.
Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba dengan ketukan. (Mengekplorasi) § Setiap kelompok maju ke depan untuk
menyanyikan notasi dengan ketukan dari guru. Kelompok lain memberikan
komentar. Gotong Royong § Siswa yang masih kesulitan bisa
berlatih lagi di rumah. Guru bisa meminta bantuan siswa lain untuk
mendampingi. § Guru membawa air keruh dan air
bersih ke dalam kelas. Guru menanyakan manfaat air bersih bagi kehidupan.
Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menanyakan kembali. (Menanya) § Siswa menjawab secara bergantian.
Guru menyampaikan bahwa dalam kehidupan masyarakat terdapat hak dan
kewajiban. Communication § Siswa mengamati gambar yang ada di
buku siswa. § Siswa menjawab pertanyaan. Siswa
menukarkan jawaban dengan temannya. Mandiri § Beberapa siswa menyampaikan
pendapatnya. Guru memberikan kesimpulan secara klasikal. Communication § Secara individu siswa menuliskan
perbedaan hak dan kewajiban. Mandiri Penilaian
2 Hal-hal
yang perlu ditulis oleh siswa adalah: 1.
Arti hak 2.
Arti kewajiban 3.
Contoh hak dan kewajiban 4.
Pentingnya mendapatkan hak 5.
Pentingnya melaksanakan kewajiban |
35 Menit
X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. SBdP : Menyanyikan notasi lagu
Menanam jagung dengan tinggi rendah nada.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. PPKn-perbedaan Hak dan
Kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampinga (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/1socTtl6_VuYt012oIOQaQuaDer86ZJAo/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar