RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa mampu
menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan
teliti.
2.
Setelah menganalisis, siswa mampu
mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban
masyarakat di sekitarnya dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
¡ Siswa akan
mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang pengamatan di dalam kelompok.
Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Setiap kelompok memberikan pendapat mengenai
presentasi yang disampaikan temanya. Collaboration ¡ Guru menilai
isi presentasinya. ¡ Setelah
presentasi, siswa membuat petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang
ditemukan di lingkungan. Critical Thinking and
Problem Solving |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Mandiri ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn: Presentasi hasil
pengamatan
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Fakta |
Menuliskan 10 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat
energi dengan benar. |
Menuliskan minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat
hemat energi dengan benar. |
Menuliskan minimal 6 fakta tentang kesadaran
masyarakat hemat energi dengan benar. |
Yang lainnya |
Pengelompokkan |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan semua tindakan ke dalam hal yang baik dan
belum baik dengan benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
dengan benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
benar. |
Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu
mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
dengan benar. |
Kesimpulan |
Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan dengan tepat. |
Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari
data yang ditemukan namun kurang tepat. |
Menuliskan kesimpulan dengan kurang
tepat dan kurang berdasarkan data. |
Masih belum mampu menuliskan kesimpulan.
|
Dampak |
Menuliskan 3 dampak dari
kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 2 dampak dari
kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 1 dampak dari
kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Belum mampu menuliskan
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Saran |
Menuliskan 3 saran dengan sesuai. |
Menuliskan 2 saran dengan sesuai. |
Menuliskan 1 saran dengan sesuai. |
Belum mampu menuliskan saran dengan sesuai. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2.
Bahasa Indonesia
Membuat
teks petunjuk hemat energi.
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Topik Jelas |
Memilih satu topik yang
fokus tentang hemat energi. |
Topik yang dipilih kurang
fokus |
|
Belum mampu memilih topik
untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh. |
Teks petunjuk |
Terdapat teks petunjuk untuk hemat energi dengan: 1. Langkah- langkah jelas 2. Runtut 3. Bisa diaplikasikan |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diberikan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diberikan. |
Belum memenuhi kriteria yang diberikan. |
Hak dan kewajiban |
Semua contoh- contoh yang diberikan di
teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
secara seimbang. |
Sebagaian besar contoh-contoh yang diberikan
di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang.
|
Sebagian contoh- contoh yang diberikan di
teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
secara seimbang. |
Sebagian kecil contoh-contoh yang diberikan
di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang. |
Penyajian |
Penyajian poster menarik dan mudah dipahami. |
Penyajian poster mudah dipahami namun kurang
menarik. |
Penyajian poster kurang menarik dan kurang
bisa dipahami. |
Penyajian poster tidak menarik dan sulit
dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Penilaian sikap (berani berekspresi, rasa ingin tahu,
santun, toleran, kerja sama).
Penilaian Sikap
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1OuYjMuBTdNUSL5OelBDPh5oSdSA_CuXn/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar