RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019) 
Satuan
Pendidikan     :   SD/MI  .....................
Kelas /
Semester          :    IV
(Empat) / 1
Tema 2                        :    Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3                 :    Energi
Alternatif
Pembelajaran               : 
  4
Alokasi Waktu              : 
  1 Hari
A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   
Setelah mengamati, siswa mampu
menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan
teliti. 
2.   
Setelah menganalisis, siswa mampu
mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban
masyarakat di sekitarnya dengan benar. 
3.   
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar. 
4.   
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar. 
B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
| Kegiatan | Deskripsi
   Kegiatan | Alokasi Waktu | 
| Pendahuluan | ¡   Guru
  memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
  masing-masing. Religius ¡  
  Guru mengecek kesiapan diri dengan
  mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
  duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡  
  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
  Berhemat Energi”. ¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
  mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit | 
| Inti | ¡  Siswa akan
  mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang pengamatan di dalam kelompok.
  Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Setiap kelompok memberikan pendapat mengenai
  presentasi yang disampaikan temanya. Collaboration ¡  Guru menilai
  isi presentasinya. ¡  Setelah
  presentasi, siswa membuat petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang
  ditemukan di lingkungan. Critical Thinking and
  Problem Solving | 35 Menit X  30 JP | 
| Penutup | ¡   Bersama-sama
  siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Mandiri ¡   Bertanya jawab
  tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
  materi) ¡   Guru memberi
  kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
  yang telah diikuti. ¡   Melakukan
  penilaian hasil belajar ¡   Mengajak
  semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
  mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius | 15 menit | 
C.   PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan 
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian. 
| Mengetahui Kepala Sekolah, 
 
 
 .................. NIP. .................... | ........., Juli
  .... Guru Kelas 4   
 
 
 ................. NIP. .................... | 
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan 
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap 
| No | Nama | Perubanan tingkah laku | |||||||||||
| Santun | Peduli | Tanggung Jawab | |||||||||||
| K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 2 | ................... | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 3 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 4 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| 5 | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
| Dst | …………….. | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
Keterangan: 
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.      PPKn: Presentasi hasil
pengamatan 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Fakta  | Menuliskan 10  fakta tentang  kesadaran masyarakat hemat
  energi dengan benar.  | Menuliskan  minimal 8 fakta  tentang kesadaran masyarakat
  hemat energi dengan benar.  | Menuliskan  minimal 6  fakta tentang kesadaran
  masyarakat hemat energi dengan benar.  | Yang lainnya  | 
| Pengelompokkan  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan semua  tindakan ke  dalam hal yang baik dan
  belum baik dengan benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
  dengan benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan
  benar.  | Dari fakta yang  ditemukan, siswa mampu
  mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik
  dengan benar.  | 
| Kesimpulan  | Siswa mampu  menuliskan kesimpulan dari
  data yang ditemukan dengan tepat.  | Siswa mampu  menuliskan kesimpulan dari
  data yang ditemukan namun kurang tepat.  | Menuliskan  kesimpulan dengan kurang
  tepat dan kurang berdasarkan data.  | Masih belum  mampu menuliskan kesimpulan.
   | 
| Dampak  | Menuliskan 3 dampak dari
  kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.  | Menuliskan 2 dampak dari
  kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.  | Menuliskan 1 dampak dari
  kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.  | Belum mampu menuliskan
  dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.  | 
| Saran  | Menuliskan 3  saran dengan  sesuai.  | Menuliskan 2  saran dengan  sesuai.  | Menuliskan 1  saran dengan  sesuai.  | Belum mampu  menuliskan saran  dengan sesuai.  | 
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2.            
Bahasa Indonesia 
Membuat
teks petunjuk hemat energi. 
| Kriteria  | Sangat Baik  | Baik  | Cukup  | Perlu  Pendampingan  | 
| 4  | 3  | 2  | 1  | |
| Topik Jelas  | Memilih satu topik yang
  fokus  tentang hemat  energi.  | Topik yang dipilih kurang
  fokus  | 
 | Belum mampu memilih topik
  untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh.  | 
| Teks  petunjuk  | Terdapat teks  petunjuk untuk  hemat energi dengan:  1. Langkah- langkah jelas  2. Runtut  3. Bisa diaplikasikan  | Memenuhi 2 dari  3 kriteria yang  diberikan.  | Memenuhi 1 dari 3  kriteria yang  diberikan.  | Belum memenuhi  kriteria yang  diberikan.  | 
| Hak dan  kewajiban  | Semua contoh- contoh yang diberikan di
  teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
  secara seimbang.  | Sebagaian besar  contoh-contoh yang diberikan
  di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
  kewajiban secara seimbang.  
 
 | Sebagian contoh- contoh yang diberikan di
  teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban
  secara seimbang.  | Sebagian kecil  contoh-contoh yang diberikan
  di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
  kewajiban secara seimbang.  | 
| Penyajian  | Penyajian poster  menarik dan mudah dipahami.  | Penyajian poster  mudah dipahami namun kurang
  menarik.  | Penyajian poster  kurang menarik dan kurang
  bisa dipahami.  | Penyajian poster  tidak menarik dan sulit
  dipahami.  | 
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Penilaian sikap (berani berekspresi, rasa ingin tahu,
santun, toleran, kerja sama).
Penilaian Sikap
| Sikap | Belum Terlihat | Mulai Terlihat | Mulai Berkembang | Membudaya | Ket. | 
| Teliti | 
 | 
 | √ | 
 | 
 | 
| Bertanggung Jawab | 
 | √ | 
 | 
 | 
 | 
| Disiplin | 
 | 
 | 
 | 
 | 
 | 
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:
https://drive.google.com/file/d/1OuYjMuBTdNUSL5OelBDPh5oSdSA_CuXn/view?usp=sharing
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar