Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 2                        :    Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3                 :   Energi Alternatif

Pembelajaran               :    4

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan teliti.

2.    Setelah menganalisis, siswa mampu mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat di sekitarnya dengan benar.

3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.

4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

¡  Siswa akan mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang pengamatan di dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Setiap kelompok memberikan pendapat mengenai presentasi yang disampaikan temanya. Collaboration

¡  Guru menilai isi presentasinya.

¡  Setelah presentasi, siswa membuat petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan. Critical Thinking and Problem Solving

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Mandiri

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

 

1.      PPKn: Presentasi hasil pengamatan

 

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Fakta

Menuliskan 10

fakta tentang

kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan

minimal 8 fakta

tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan

minimal 6

fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Yang lainnya

Pengelompokkan

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan semua

tindakan ke

dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian besar tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang

ditemukan, siswa mampu mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Kesimpulan

Siswa mampu

menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.

Siswa mampu

menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan namun kurang tepat.

Menuliskan

kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data.

Masih belum

mampu menuliskan kesimpulan.

Dampak

Menuliskan 3 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 2 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 1 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Belum mampu menuliskan dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Saran

Menuliskan 3

saran dengan

sesuai.

Menuliskan 2

saran dengan

sesuai.

Menuliskan 1

saran dengan

sesuai.

Belum mampu

menuliskan saran

dengan sesuai.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

2.             Bahasa Indonesia

Membuat teks petunjuk hemat energi.

Kriteria

Sangat Baik

Baik

Cukup

Perlu

Pendampingan

4

3

2

1

Topik Jelas

Memilih satu topik yang fokus

tentang hemat

energi.

Topik yang dipilih kurang fokus

 

Belum mampu memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh.

Teks

petunjuk

Terdapat teks

petunjuk untuk

hemat energi dengan:

1. Langkah-

langkah jelas

2. Runtut

3. Bisa diaplikasikan

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diberikan.

Memenuhi 1 dari 3

kriteria yang

diberikan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diberikan.

Hak dan

kewajiban

Semua contoh-

contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagaian besar

contoh-contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

 

 

Sebagian contoh-

contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian kecil

contoh-contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Penyajian

Penyajian poster

menarik dan mudah dipahami.

Penyajian poster

mudah dipahami namun kurang menarik.

Penyajian poster

kurang menarik dan kurang bisa dipahami.

Penyajian poster

tidak menarik dan sulit dipahami.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3. Penilaian sikap (berani berekspresi, rasa ingin tahu, santun, toleran, kerja sama).

Penilaian Sikap

Sikap

Belum Terlihat

Mulai Terlihat

Mulai Berkembang

Membudaya

Ket.

Teliti

 

 

 

 

Bertanggung Jawab

 

 

 

 

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4:

https://drive.google.com/file/d/1OuYjMuBTdNUSL5OelBDPh5oSdSA_CuXn/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...