Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 1                        :    Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 3                 :    Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran               :    3

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.

2.    Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

3.    Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

4.    Setelah menyimak teks tentang permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa menyimak cerita tentang tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat batu dari kepulauan Nias, yang dilisankan oleh guru. Literasi

§  Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut. (Menganalisis)

§  Untuk paragraf pertama, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman di sebelah. Collaboration

§  Paragraf ke dua dan ketiga dikerjakan secara individu dan langsung disampaikan kepada guru.

§  Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat bunyi menyerap dan memantul. Communication

§  Siswa membaca informasi tentang bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti gendang dan angklung. Literasi

§  Siswa kemudian membaca senyap informasi yang terdapat di buku, tentang sifat bunyi memantul dan menyerap serta jenis-jenis bunyi. Mandiri

§  Siswa dalam kelompok melakukan percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat menghasilkan bunyi seperti botol, ember, gelas atau kaleng. (Memepresentasikan) Gotong Royong

§  Siswa membunyikan beragam benda tersebut di dalam dan di luar ruang kelas. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mencatat dan mendiskusikan hasilnya, kemudian melaporkannya kepada guru.

 

150 menit

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gagasan pokok

Menemukan

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian besar

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Menemukan

sebagian kecil

gagasan pokok

pada semua

paragraf dengan

benar.

Belum dapat

menemukan

gagsan pokok.

Gagasan

Pendukung

Menemukan

gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

besar gagasan

pendukung pada

semua paragraf

dengan benar.

Menemukan

sebagian

kecil gagasan

pendukung pada

semua paragraph

dengan benar.

Belum dapat

menemukan

gagsan

pendukung.

Penyajian

gagasan pokok

dan gagasan

pendukukung

Menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

dalam peta

pikiran dengan

benar.

Menyajikan

sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

pikiran dengan

benar.

Menyajikan

sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

pikiran dengan

benar.

Belum dapat

menyajikan

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

pikiran dengan.

Sikap: Mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan mandiri .

Sebagian

besar tugas

diselesaikan

dengan mandiri.

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat

menyeselesaikan

tugas meski

telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

 

IPA

Laporan hasil percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Sifat bunyi

memantul dan

menyerap

Menjelaskan sifat

bunyi memantul

dan menyerap

berdasarkan

hasil percobaan

dengan lengkap.

Menjelaskan sifat

bunyi memantul

dan menyerap

berdasarkan

hasil percobaan

dengan cukup

lengkap.

Menjelaskan sifat

bunyi memantul

dan menyerap

berdasarkan

hasil percobaan

kurang lengkap.

Belum mampu

menjelaskan sifat

bunyi memantul

dan menyerap

berdasarkan hasil

percobaan.

Laporan

percobaan

tentang sifat

bunyi memantul

dan menyerap

Menyajikan

laporan

percobaan

tentang sifat

bunyi memantul

dan menyerap

dengan

sistematis.

Menyajikan

laporan

percobaan

tentang sifat

bunyi memantul

dan menyerap

dengan cukup

sistematis.

Menyajikan

laporan

percobaan

tentang sifat

bunyi memantul

dan menyerap

kurang

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

laporan

percobaan

tentang sifat

bunyi memantul

dan menyerap

dengan

sistematis.

Sikap Rasa Ingin

Tahu dan Berfikir

Kritis

Tampak antusias

dan mengajukan

banyak ide dan

pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak cukup

antusias dan

terkadang

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tampak kurang

antusias

dan tidak

mengajukan ide

dan pertanyaan

selama kegiatan.

Tidak tampak

antusias

dan perlu

dimotivasi untuk

mengajukan ide

dan pertanyaan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

 

Pengayaan

• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan percobaan bunyi memantul dan menyerap di lapangan yang luas.

 

Remedial

• Siswa yang belum memahami sifat bunyi memantul dan menyerap akan diberikan bacaan sederhana terkait materi. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan esay) terkait materi yang belum dipahami.

 

 DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:

https://drive.google.com/file/d/1Gw0gF5KbC8jprKE9vjU4III3D_9B8nsa/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...