RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.
2.
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan
sistematis.
3.
Setelah menyimak teks permainan
tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung
setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4.
Setelah menyimak teks tentang
permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan
pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan
tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya
Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§
Siswa menyimak cerita tentang
tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat batu
dari kepulauan Nias, yang dilisankan oleh guru. Literasi §
Siswa diminta untuk menyimak dengan
teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap
paragraf tersebut. (Menganalisis) §
Untuk paragraf pertama, siswa
mendiskusikan jawaban bersama teman di sebelah. Collaboration §
Paragraf ke dua dan ketiga
dikerjakan secara individu dan langsung disampaikan kepada guru. §
Siswa diingatkan kembali pada
pembelajaran sebelumnya tentang sifat bunyi menyerap dan memantul. Communication §
Siswa membaca informasi tentang
bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas.
Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti gendang dan
angklung. Literasi §
Siswa kemudian membaca senyap
informasi yang terdapat di buku, tentang sifat bunyi memantul dan menyerap
serta jenis-jenis bunyi. Mandiri §
Siswa dalam kelompok melakukan
percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat menghasilkan bunyi
seperti botol, ember, gelas atau kaleng. (Memepresentasikan) Gotong
Royong §
Siswa membunyikan beragam benda
tersebut di dalam dan di luar ruang kelas.
Critical Thinking and Problem Solving § Siswa
mencatat dan mendiskusikan hasilnya, kemudian melaporkannya kepada guru.
|
150 menit |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C
(Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari
setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok |
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung |
Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung |
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar. |
Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar. |
Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar. |
Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat
dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
IPA
Laporan hasil percobaan tentang sifat bunyi memantul dan
menyerap dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sifat bunyi memantul dan menyerap |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap. |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap. |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap. |
Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan. |
Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap |
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan cukup sistematis. |
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
Pengayaan
• Apabila memiliki waktu, siswa dapat melakukan percobaan
bunyi memantul dan menyerap di lapangan yang luas.
Remedial
• Siswa yang belum memahami sifat bunyi memantul dan menyerap
akan diberikan bacaan sederhana terkait materi. Siswa dimotivasi untuk membaca
dengan teliti. Siswa dapat mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan esay)
terkait materi yang belum dipahami.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3:
https://drive.google.com/file/d/1Gw0gF5KbC8jprKE9vjU4III3D_9B8nsa/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar