RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 2 : Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi
Alternatif
Pembelajaran :
5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
¡ Siswa diminta
mengamati berbagai makanan yang terbuat dari singkong. Communication ¡ Siswa diminta
mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman. Collaboration ¡ Siswa
menuliskan hasil diskusi mereka pada buku siswa. ¡ Siswa mencari
tahu lebih lanjut tentang singkong. ¡ Siswa membaca
teks yang terdapat dalam buku siswa. Literasi ¡ Siswa menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa berdasarkan teks. ¡ Siswa
mendiskusikan jawaban mereka. Gotong Royong ¡ Setelah
mendapatkan informasi yang bermanfaat tentang singkong, siswa diminta membaca
soal cerita. ¡ Siswa
mengerjakan soal-soal secara mandiri di bawah pengawasan guru. Mandiri ¡ Untuk kegiatan
pelajaran seni, guru memperkenalkan kepada siswa lagu Kring Kring ada Sepeda. Communication ¡ Siswa diminta
menyanyikan syair lagu tersebut. ¡ Ada Sepeda
secara berpasangan. Gotong Royong ¡ Siswa
memperhatikan cara guru menyanyikan lagu tersebut. ¡ Siswa
mencermati penjelasan guru tentang tempo dan tinggi rendah nada. ¡ Siswa
menyanyikan lagu secara berpasangan. |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. ¡
Melakukan penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPS
Diskusi
dan presentasi dinilai dengan rubrik
Diskusi dan Presentasi peta pikiran
dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik |
Baik |
Cukup |
Perlu Pendampingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang
berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk
mendengark an teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahk an |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan
komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhk an bantuan dalam
memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaika n
ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan
menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan
secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (skoring)
dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses
pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.
Penilaian Sikap
Penilaian sikap (berani berekspresi, rasa ingin tahu, santun,
toleran, kerja sama).
Sikap |
Belum Terlihat |
Mulai Terlihat |
Mulai Berkembang |
Membudaya |
Ket. |
Teliti |
|
|
√ |
|
|
Bertanggung Jawab |
|
√ |
|
|
|
Disiplin |
|
|
|
|
|
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1jiLL0ZYp9MLvZAoQKfNTd0PbTeQMqcnL/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar