RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran :
6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati gambar dan
berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.
Setelah mengamati gambar dan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu
Berhemat Energi”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ¡ Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalis |
10 menit |
Inti |
§
Siswa mengamati gambar dan teks yang
terdapat di dalam buku siswa Literasi §
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat
dalam buku siswa. (Mengamati) §
Siswa membuat gambar sesuai
instruksi. Mandiri §
Siswa menukarkan gambar yang mereka
buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain
menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi) §
Siswa membaca teks tentang minyak
bumi. Literasi §
Siswa menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa. (Menanya) §
Siswa mendiskusikan jawaban secara
berkelompok. Collaboration §
Setelah melakukan kegiatan, siswa
mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
(Mengkomunikasikan) § Siswa
menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok. Gotong Royong |
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡ Melakukan
penilaian hasil belajar ¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan
oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3,
SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Diagram gagasan pokok dan gagasan
pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di
Pembelajaran 1.
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan
pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.
Remedial
Siswa yang belum mampu menentukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan
bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok
paragraf demi paragraf dengan arahan dari guru.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6:
https://drive.google.com/file/d/1y7-EFz3XoDb4eqUY4ihaR_u2OcwyWGx8/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar