Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :  IV (Empat) / 1

Tema 2                        :  Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 1                 :   Sumber Energi

Pembelajaran               :  6

Alokasi Waktu              :  1 Hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.

2.    Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.

3.    Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.    Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

¡   Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalis

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat di dalam buku siswa Literasi

§  Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)

§  Siswa membuat gambar sesuai instruksi. Mandiri

§  Siswa menukarkan gambar yang mereka buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi)

§  Siswa membaca teks tentang minyak bumi. Literasi

§  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)

§  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration

§  Setelah melakukan kegiatan, siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok. (Mengkomunikasikan)

§  Siswa menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok. Gotong Royong

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1.    Bahasa Indonesia

 

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

 

Gagasan

Pokok

 

Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Sebagian kecil

gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Gagasan

Pendukung

 

Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap

paragraf.

 

Sebagian kecil

gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap

paragraf.

 

Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

2.  PPKn

Dinilai dengan catatan anekdot

 

 

Pengayaan

Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.

Remedial

Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf dengan arahan dari guru.

 

 


DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6:

https://drive.google.com/file/d/1y7-EFz3XoDb4eqUY4ihaR_u2OcwyWGx8/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...