Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :  IV (Empat) / 1

Tema 1                              :  Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 2                      :  Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran                    :  2

Alokasi Waktu                   :  ........... x 150 menit

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati contoh, siswa mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.

2.     Setelah mengamati contoh, siswa mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

3.     Setelah membaca teks dan berdikusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Siswa membaca senyap teks tentang Tong Sampah Gotong Royong. (Mengamati) Literasi

§  Setelah membaca teks, siswa secara individu mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa.

§  Guru meminta siswa untuk duduk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa akan menyampaikan hasil pekerjaannya kepada teman dalam kelompok. Kelompok akan menghasilkan satu produk yang merupakan kesepakatan setiap anggotanya.  (Mengkomunikasikan)

§  Siswa menuliskan kembali hasil kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya pada kertas kalender. Integritas

§  Hasil produk siswa di tempel di dinding kelas.

§  Setiap anggota kelompok akan melihat hasil pekerjaan temannya secara bergantian.

§  Guru dan siswa menyimpulkan secara klasikal.

§  Guru bisa memberikan pertanyaan kepada siswa:

- Apa itu kerjasama?

- Apa manfaat kerjasama?

- Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman.

§  Siswa secara individu mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungannya. Siswa juga menuliskannya di buku siswa. Produk ini akan dinilai dengan penilai 1. Guru menjelaskan rubrik yang diharapkan. Siswa bisa menuliskan dalam bentuk grafik yang disiapkan. Mandiri

§  Hal-hal yang ada dalam tulisan siswa adalah hal yang kamu tulis.

1.     Keberagaman di lingkunganmu.

2.     Satu contoh bentuk kerjasama dan menjelaskannya.

3.     Contoh 3 (tiga) sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama.

4.     Manfaat kerjasama.

5.     Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman).

§  Siswa mengamati formasi gerakan tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa.

§  Guru meminta 8 siswa untuk maju ke depan. Guru mengarahkan delapan siswa tersebut untuk menari dengan formasi. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Siswa yang lain mengamati. (Mengekplorasi)

§   Siswa dengan kelompoknya akan mempraktikkan formasi gerakan. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Collaboration

§   Ketika sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringan musik dan hitungan dari guru. Jika sudah sangat lancar hanya diiringi dengan musik. Mandiri

§   Guru menguatkan siswa untuk menari dengan kompak dan gerakan yang benar.

§   Guru juga memotivasi siswa untuk menghayati tarian.

§   Setiap kelompok diminta maju ke depan untuk mempraktikkan formasi berdiri. Siswa kelompok lain memberikan komentar. Gotong Royong

§   Setiap kelompok juga mendata keperluan menari misalkan kostum dan aksesoris. Kostum diharapkan tidak beli atau menyewa siswa bisa menggunakan baju yang sama dan diberi hiasan dari barang-barang bekas atau yang sudah tersedia. Integritas

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

 

1. SBdP: Menari

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Gerakan

Seluruh gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian besar

gerakan yang

ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Hanya sebagian

kecil gerakan

yang ditunjukkan

saat menari

sesuai dengan

ketentuan tarian.

Teknik Menari

Menarikan

tarian dengan

menunjukkan:

• Sikap tubuh

yang sesuai

dengan

tarian yang

dibawakan.

• Gerakan yang

dibawakan

sesuai dengan

irama.

• Gerakan yang

dibawakan

sesuai dengan

tempo

sehingga

tarian yang

ditunjukkan

terlihat

harmonis.

Hanya

menunjukkan 2

hal dari 3 kriteria

yang diharapkan.

Tarian yang

dihasilkan cukup

harmonis.

Hanya

menunjukkan 1

hal dari 3 kriteria

yang diharapkan.

Tarian yang

dihasilkan kurang

harmonis.

Tidak memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Ekspresi

Memberikan

penjiwaan saat

menari yang

memperhatikan

jenis tarian

sehingga pesan

dari tarian bisa

dimengerti oleh

penonton.

Ada beberapa

penjiwaan yang

kurang sesuai

dengan jenis

tarian. Pesan dari

tarian tetap bisa

dimengerti oleh

penonton.

Kurang bisa

memberikan

penjiwaan saat

menari sehingga

pesan dari

tarian kurang

dimengerti oleh

penonton.

Tidak bisa

memberikan

penjiwaan saat

menari sehingga

pesan dari tarian

tidak dimengerti

oleh penonton.

Sikap

Saat menari

selalu

menunjukkan

sikap:

• Percaya diri

saat menari

sehingga bisa

menguasai

panggung.

• Bisa

berinteraksi

baik dengan

penari lainnya.

Saat menari

selalu

menunjukkan

sikap percaya

diri saat menari

sehingga bisa

menguasai

panggung,

namun kurang

bisa berinteraksi

dengan penari

lain

Saat menari

menunjukkan

sikap kurang

percaya diri dan

kurang bisa

berinteraksi

dengan penari

lain.

Saat menari

menunjukkan

sikap tidak

percaya diri dan

bisa berinteraksi

dengan penari

lainnya.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

2. PPKn: Cerita pengalaman kerjasama

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Keberagaman

Menjelaskan 3

keberagaman

yang ada di

lingkungan

tempat tinggal

(suku bangsa,

sosial, dan

budaya).

Menjelaskan 2

keberagaman

yang ada di

lingkungan

tempat tinggal

(suku bangsa,

sosial, dan

budaya).

Menjelaskan 1

keberagaman

yang ada di

lingkungan

tempat tinggal

(suku bangsa,

sosial, dan

budaya).

 

Belum mampu

menyebutkan

keberagaman.

Kerjasama

Memberikan

satu contoh dan

menjelaskan

kegiatan yang

menunjukkan

kerjasama yang

pernah dilakukan

dengan benar.

Mampu

memberikan

contoh, namun

menjelaskan

dengan kurang

tepat.

Contoh yang

diberikan

masih belum

menunjukkan

kerjasama dalam

keberagaman.

Belum mampu

menberikan

contoh.

Persatuan dan

Kesatuan

Menjelaskan

3 contoh

sikap yang

menunjukkan

persatuan dan

kesatuan saat

kerjasama

dengan benar.

Menjelaskan

2 contoh

sikap yang

menunjukkan

persatuan dan

kesatuan saat

kerjasama

dengan benar.

Menjelaskan

1 contoh

sikap yang

menunjukkan

persatuan dan

kesatuan saat

kerjasama

dengan benar.

Belum mampu

memberikan

contoh.

Manfaat

Menjelaskan 3

manfaat dari

kerjasama

dengan benar.

Menjelaskan 2

manfaat dari

kerjasama

dengan benar.

Menjelaskan 1

manfaat dari

kerjasama

dengan benar.

 

Belum mampu

menjelaskan

manfaat.

Kesimpulan

Menjelaskan

pentingnya

persatuan dan

kesatuan dalam

keberagaman

dengan benar

dan terperinci.

Menjelaskan

pentingnya

persatuan dan

kesatuan dalam

keberagaman

dengan benar

namun kurang

terperinci.

Menjelaskan

pentingnya

persatuan dan

kesatuan dalam

keberagaman

dengan namun

masih kurang

tepat.

Belum mampu

menjelaskan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

 

3. Diskusi: Membahas cerita Tong Sampah Gotong Royong

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan

teman yang

sedang berbicara

namun tidak

mengindahkan.

Komunikasi non

verbal (kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi wajah,

suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non

verbal dengan

tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1

 

 

Pengayaan

• Siswa bisa mengukur sudut-sudut yang lain yang ditemukan di sekitarnya.

 

Remedial

• Siswa yang belum memahami konsep sudut dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

  



DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:

https://drive.google.com/file/d/12B6-b3ObXlWeEZ-2SwdEenqG0mAeTy9C/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...