RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : ........... x 150 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh, siswa mampu
mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan
hitungan dengan tepat.
3. Setelah membaca teks dan berdikusi,
siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Siswa membaca senyap teks tentang
Tong Sampah Gotong Royong. (Mengamati) Literasi § Setelah membaca teks, siswa secara
individu mengidentifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya. Siswa
menuliskan hasilnya pada diagram yang ada di buku siswa. § Guru meminta siswa untuk duduk
berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa akan menyampaikan
hasil pekerjaannya kepada teman dalam kelompok. Kelompok akan menghasilkan
satu produk yang merupakan kesepakatan setiap anggotanya. (Mengkomunikasikan) § Siswa menuliskan kembali hasil
kesepakatan mengenai identifikasi keberagaman, kerjasama dan manfaatnya pada
kertas kalender. Integritas § Hasil produk siswa di tempel di
dinding kelas. § Setiap anggota kelompok akan melihat
hasil pekerjaan temannya secara bergantian. § Guru dan siswa menyimpulkan secara
klasikal. § Guru bisa memberikan pertanyaan
kepada siswa: - Apa itu kerjasama? - Apa manfaat kerjasama? - Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman. § Siswa secara individu
mengidentifikasi keberagaman dan kerjasama yang ada di lingkungannya. Siswa juga
menuliskannya di buku siswa. Produk ini akan dinilai dengan penilai 1. Guru
menjelaskan rubrik yang diharapkan. Siswa bisa menuliskan dalam bentuk
grafik yang disiapkan. Mandiri § Hal-hal yang ada dalam tulisan siswa
adalah hal yang kamu tulis. 1. Keberagaman di lingkunganmu. 2. Satu contoh bentuk kerjasama dan
menjelaskannya. 3. Contoh 3 (tiga) sikap yang
menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama. 4. Manfaat kerjasama. 5.
Kesimpulan
(apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman). § Siswa mengamati formasi gerakan
tarian Bungong Jeumpa yang ada di buku siswa. § Guru meminta 8 siswa untuk maju ke
depan. Guru mengarahkan delapan siswa tersebut untuk menari dengan formasi.
Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Siswa yang lain mengamati.
(Mengekplorasi) §
Siswa
dengan kelompoknya akan mempraktikkan formasi gerakan. Guru memberikan aba-aba dengan hitungan. Collaboration §
Ketika
sudah lancar, siswa mempraktikkan formasi dengan dengan iringan musik dan hitungan dari guru. Jika
sudah sangat lancar hanya diiringi dengan musik. Mandiri §
Guru
menguatkan siswa untuk menari dengan kompak dan gerakan yang benar. §
Guru
juga memotivasi siswa untuk menghayati tarian. §
Setiap
kelompok diminta maju ke depan untuk mempraktikkan formasi berdiri. Siswa kelompok lain
memberikan komentar. Gotong
Royong §
Setiap
kelompok juga mendata keperluan menari misalkan kostum dan aksesoris. Kostum diharapkan
tidak beli atau menyewa siswa bisa menggunakan baju yang sama dan
diberi hiasan dari barang-barang bekas atau yang sudah tersedia. Integritas |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli .... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1.
SBdP: Menari
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gerakan |
Seluruh
gerakan yang
ditunjukkan saat
menari sesuai
dengan ketentuan
tarian. |
Sebagian
besar gerakan
yang ditunjukkan saat
menari sesuai
dengan ketentuan
tarian. |
Sebagian
gerakan yang
ditunjukkan saat
menari sesuai
dengan ketentuan
tarian. |
Hanya
sebagian kecil
gerakan yang
ditunjukkan saat
menari sesuai
dengan ketentuan
tarian. |
Teknik
Menari |
Menarikan tarian
dengan menunjukkan: •
Sikap tubuh yang
sesuai dengan tarian
yang dibawakan. •
Gerakan yang dibawakan sesuai
dengan irama. •
Gerakan yang dibawakan sesuai
dengan tempo sehingga tarian
yang ditunjukkan terlihat harmonis. |
Hanya menunjukkan
2 hal
dari 3 kriteria yang
diharapkan. Tarian
yang dihasilkan
cukup harmonis. |
Hanya menunjukkan
1 hal
dari 3 kriteria yang
diharapkan. Tarian
yang dihasilkan
kurang harmonis. |
Tidak
memenuhi kriteria
yang diharapkan. |
Ekspresi |
Memberikan penjiwaan
saat menari
yang memperhatikan jenis
tarian sehingga
pesan dari
tarian bisa dimengerti
oleh penonton. |
Ada
beberapa penjiwaan
yang kurang
sesuai dengan
jenis tarian.
Pesan dari tarian
tetap bisa dimengerti
oleh penonton. |
Kurang
bisa memberikan penjiwaan
saat menari
sehingga pesan
dari tarian
kurang dimengerti
oleh penonton. |
Tidak
bisa memberikan penjiwaan
saat menari
sehingga pesan
dari tarian tidak
dimengerti oleh
penonton. |
Sikap |
Saat
menari selalu menunjukkan sikap: •
Percaya diri saat
menari sehingga
bisa menguasai panggung. •
Bisa berinteraksi baik
dengan penari
lainnya. |
Saat
menari selalu menunjukkan sikap
percaya diri
saat menari sehingga
bisa menguasai panggung, namun
kurang bisa
berinteraksi dengan
penari lain |
Saat
menari menunjukkan sikap
kurang percaya
diri dan kurang
bisa berinteraksi dengan
penari lain. |
Saat
menari menunjukkan sikap
tidak percaya
diri dan bisa
berinteraksi dengan
penari lainnya. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
2.
PPKn: Cerita pengalaman kerjasama
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Keberagaman |
Menjelaskan
3 keberagaman yang
ada di lingkungan tempat
tinggal (suku
bangsa, sosial,
dan budaya). |
Menjelaskan
2 keberagaman yang
ada di lingkungan tempat
tinggal (suku
bangsa, sosial,
dan budaya). |
Menjelaskan
1 keberagaman yang
ada di lingkungan tempat
tinggal (suku
bangsa, sosial,
dan budaya).
|
Belum
mampu menyebutkan keberagaman. |
Kerjasama |
Memberikan satu
contoh dan menjelaskan kegiatan
yang menunjukkan kerjasama
yang pernah
dilakukan dengan
benar. |
Mampu memberikan contoh,
namun menjelaskan dengan
kurang tepat. |
Contoh
yang diberikan masih
belum menunjukkan kerjasama
dalam keberagaman. |
Belum
mampu menberikan contoh. |
Persatuan
dan Kesatuan |
Menjelaskan 3
contoh sikap
yang menunjukkan persatuan
dan kesatuan
saat kerjasama dengan
benar. |
Menjelaskan 2
contoh sikap
yang menunjukkan persatuan
dan kesatuan
saat kerjasama dengan
benar. |
Menjelaskan 1
contoh sikap
yang menunjukkan persatuan
dan kesatuan
saat kerjasama dengan
benar. |
Belum
mampu memberikan contoh. |
Manfaat |
Menjelaskan
3 manfaat
dari kerjasama dengan
benar. |
Menjelaskan
2 manfaat
dari kerjasama dengan
benar. |
Menjelaskan
1 manfaat
dari kerjasama dengan
benar.
|
Belum
mampu menjelaskan manfaat. |
Kesimpulan |
Menjelaskan pentingnya persatuan
dan kesatuan
dalam keberagaman dengan
benar dan
terperinci. |
Menjelaskan pentingnya persatuan
dan kesatuan
dalam keberagaman dengan
benar namun
kurang terperinci. |
Menjelaskan pentingnya persatuan
dan kesatuan
dalam keberagaman dengan
namun masih
kurang tepat. |
Belum
mampu menjelaskan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
3.
Diskusi: Membahas cerita Tong Sampah Gotong Royong
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman
yang sedang
berbicara. |
Mendengarkan teman
yang berbicara
namun sesekali
masih perlu
diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang
berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman
yang sedang
berbicara namun
tidak mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi
non verbal
dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat
terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara
rinci, merespon
sesuai dengan
topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon
kurang sesuai
dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1
Pengayaan
•
Siswa bisa mengukur sudut-sudut yang lain yang ditemukan di sekitarnya.
Remedial
•
Siswa yang belum memahami konsep sudut dapat mengulang kegiatan bersama guru.
Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30
menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2:
https://drive.google.com/file/d/12B6-b3ObXlWeEZ-2SwdEenqG0mAeTy9C/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar