Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan         :    SD/MI  .....................

Kelas / Semester              :     IV (Empat) / 1

Tema 1                              :     Indahnya Kebersamaan

Sub Tema 1                      :     Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran                    :     5

Alokasi Waktu                   :     1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.     Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

2.     Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

3.     Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangIndahnya Kebersamaan”. Integritas

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

§  Guru menyampaikan bahwa warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama. Communication

§  Siswa membaca informasi yang ada di buku siswa. Literasi

§  Siswa membaca teks tentang Suku Minang dalam hati (membaca senyap). (Mengkomunikasikan)

§  Siswa menuliskan pertanyaan tentang hak yang ingin mereka ketahui lagi tentang Suku Minang. Mandiri

§  Siswa menuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku Minang.

§  Siswa mendiskusikan jawabannya dengan teman satu kelompok. Collaboration

§  Siswa dipandu mencari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi mereka masing-masing. (Mengekplorasi)

§  Siswa menuliskan hasil temuan mereka pada kolom berikut.

§  Setelah mendapat informasi yang cukup, siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam kelompok. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mendiskusikan dan memperagakan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru. (Mengamati)

§  Setelah selesai menari, guru menyampaikan bahwa tari Bungong Jeumpa adalah satu dari sekian banyak tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan menghargai keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang harmonis. Nasionalis

§  Guru bertanya kepada siswa, apakah mereka masih ingat hasil karya tangram yang telah mereka buat? Guru mengingatkan bahwa tangram tersebut terdiri atas bentuk yang berbeda-beda, namun ketika bentuk yang berbeda-beda tersebut ditata sedemikian rupa, maka akan tercipta gambar baru yang harmonis.(Menanya)

150 menit

Penutup

1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

 

15 menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1. IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Struktur

Presentasi

Presentasi

memuat

pembukaan,

inti dan

penutup serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi

memuat

pembukaan

atau penutup

dan inti serta

dikomunikasikan

secara runtut.

Presentasi hanya

memuat inti dan

disampaikan

dengan runtut.

Presentasi

hanya memiliki

pembuka atau

penutup saja.

Tema

Seluruh

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian besar

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Sebagian kecil

gagasan pokok

dan gagasan

pendukung

sesuai dengan

tema.

Gagasan pokok

dan gagasan

pendukung tidak

sesuai tema.

Fakta Pendukung

Seluruh fakta

tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian besar

fakta tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Sebagian kecil

fakta tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

disajikan

dengan benar.

Fakta tentang

keragaman sosial

dan budaya

yang terdapat

di lingkungan

provinsi masingmasing

tidak

benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.

2. SBdP

Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan anekdot.


Download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

https://drive.google.com/file/d/1wAmw9ByZ5SIGz6TDEYeK3wHxM2biqEyo/view?usp=sharing

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...