RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran
Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Dengan
membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan
budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan secara terperinci.
2.
Dengan
membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan
budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan secara terperinci.
3.
Dengan
mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu
menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan
benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
§ Guru menyampaikan bahwa warga yang
baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta
perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis, dan agama. Communication § Siswa membaca informasi yang ada di
buku siswa. Literasi § Siswa membaca teks tentang Suku
Minang dalam hati (membaca senyap). (Mengkomunikasikan) § Siswa menuliskan pertanyaan tentang
hak yang ingin mereka ketahui lagi tentang Suku Minang. Mandiri § Siswa menuliskan pertanyaan
sebanyak-banyaknya tentang suku Minang. § Siswa mendiskusikan jawabannya
dengan teman satu kelompok. Collaboration § Siswa dipandu mencari informasi
lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi mereka masing-masing. (Mengekplorasi) § Siswa menuliskan hasil temuan mereka
pada kolom berikut. § Setelah mendapat informasi yang
cukup, siswa mempresentasikan informasi yang mereka peroleh dalam kelompok. Critical Thinking and Problem
Solving § Siswa mendiskusikan dan memperagakan
gerakan dasar tari Bungong Jeumpa setelah mengamati gambar, membaca
penjelasan, menyaksikan peragaan dari guru. (Mengamati) § Setelah selesai menari, guru
menyampaikan bahwa tari Bungong Jeumpa adalah satu dari sekian banyak
tarian yang ada di Indonesia. Kita semestinya bersyukur dan menghargai
keberagaman tersebut. Ketika kita saling menghargai dalam
keanekaragaman sosial dan budaya, maka akan tercipta kehidupan yang harmonis. Nasionalis § Guru bertanya kepada siswa, apakah
mereka masih ingat hasil karya tangram yang telah mereka buat? Guru
mengingatkan bahwa tangram tersebut terdiri atas bentuk yang berbeda-beda,
namun ketika bentuk yang berbeda-beda tersebut ditata sedemikian rupa, maka
akan tercipta gambar baru yang harmonis.(Menanya) |
150 menit |
Penutup |
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, .................. NIP. .................... |
.........,
Juli .... Guru Kelas 4 ................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian
Sikap
No |
Nama |
Perubanan
tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung
Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPS
Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya di
provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi memuat pembukaan, inti
dan penutup
serta dikomunikasikan secara
runtut. |
Presentasi memuat pembukaan atau
penutup dan
inti serta dikomunikasikan secara
runtut. |
Presentasi
hanya memuat
inti dan disampaikan dengan
runtut. |
Presentasi hanya
memiliki pembuka
atau penutup
saja. |
Tema |
Seluruh gagasan
pokok dan
gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Sebagian
besar gagasan
pokok dan
gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Sebagian
kecil gagasan
pokok dan gagasan pendukung sesuai
dengan tema. |
Gagasan
pokok dan
gagasan pendukung
tidak sesuai
tema. |
Fakta
Pendukung |
Seluruh
fakta tentang keragaman
sosial dan
budaya yang
terdapat di
lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Sebagian
besar fakta
tentang keragaman
sosial dan
budaya yang
terdapat di
lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Sebagian
kecil fakta
tentang keragaman
sosial dan
budaya yang
terdapat di
lingkungan provinsi
masingmasing disajikan dengan
benar. |
Fakta
tentang keragaman
sosial dan
budaya yang
terdapat di
lingkungan provinsi
masingmasing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada
Pembelajaran 1.
2.
SBdP
Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan
catatan anekdot.
Download RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5
https://drive.google.com/file/d/1wAmw9ByZ5SIGz6TDEYeK3wHxM2biqEyo/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar