RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan
Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas /
Semester : IV
(Empat) / 1
Tema 3 : Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran :
5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.
2. Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.
3. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara
mengapresiasi karya seni kolase.
4. Setelah mendengarkan penjelasan dari
guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya
seni kolase.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius ¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. ¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peduli
Terhadap Makhluk Hidup”. ¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan. |
10 menit |
Inti |
o
Siswa mengamati gambar dan baca teks tentang tanaman padi
dan teh yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati) • Siswa menulis kesimpulan
tentang tanaman padi dan teh. Mandiri • Siswa menuliskan perbedaan
antara tempat hidup tanaman padi dan teh. • Siswa menuliskan alasan
mengapa padi dan teh tumbuh di tempat yang berbeda (sawah dan pegunungan).
(Mengkomunikasian) • Siswa menuliskan penjelasan
bahwa keadaan alam (iklim dan bentuk bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Critical
Thinking and Problem Solving o
Siswa menuliskan hal yang perlu diperhatikan agar tanaman
dapat tumbuh dengan baik. • Siswa mencari tahu tentang
kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitar mereka (iklim dan bentuk
muka bumi). (Mengumpulkan informasi) • Siswa menjelaskan tumbuhan
apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut. Communication o
Siswa diminta menggali informasi dari berbagai sumber
(buku perpustakaan, internet, atau narasumber). Literasi • Siswa diminta memajang karya
seni kolase yang telah mereka buat sebelumnya di meja masing-masing.
(Mengeksplorasi) • Siswa menjelaskan hasil
karya mereka kepada teman satu kelompok secara bergiliran. Gotong Royong • Setiap siswa diminta
mengamati hasil karya teman-teman mereka dan memberikan komentar sebagai
bentuk apresiasi. o
Siswa menuliskan apresiasi mereka pada potongan kertas
yang telah disediakan di setiap meja. (Mengkomunikasikan) o
Kemudian, siswa memilih salah satu hasil karya temannya. o
Siswa menulis apresiasi mereka atas hasil karya tersebut
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Integritas o
Siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang
hasil karya teman mereka tersebut. o
Siswa menuliskan bagaimana pendapat mereka tentang hasil
karya tersebut. o
Siswa menuliskan pendapat mereka tentang bagian yang
menarik dari karya tersebut beserta alasan. o
Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut lebih
baik lagi.
|
35 Menit X 30 JP |
Penutup |
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas ¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi) ¡
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti. ¡
Melakukan
penilaian hasil belajar ¡
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
.................. NIP. .................... |
........., Juli
.... Guru Kelas 4
................. NIP. .................... |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPS
Diskusi dinilai dengan rubrik
Diskusi
dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik
Kreiteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu
diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah,
suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan
tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan
topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan
topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran
1
2. SBdP
Mengapresiasi karya kolase dinilai dengan catatan anekdot.
DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5:
https://drive.google.com/file/d/1uPBLiSxtGBEgUkHhwKGJg12uBXRqkyaV/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar