Sabtu, 12 September 2020

RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....

(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan     :   SD/MI  .....................

Kelas / Semester          :    IV (Empat) / 1

Tema 3                        :    Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 1                 :    Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran               :    5

Alokasi Waktu              :    1 Hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.

2.     Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.

3.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni kolase.

4.     Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni kolase.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPeduli Terhadap Makhluk Hidup”.

¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit

Inti

o   Siswa mengamati gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)

       Siswa menulis kesimpulan tentang tanaman padi dan teh. Mandiri

       Siswa menuliskan perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh.

       Siswa menuliskan alasan mengapa padi dan teh tumbuh di tempat yang berbeda (sawah dan pegunungan). (Mengkomunikasian)

       Siswa menuliskan penjelasan bahwa keadaan alam (iklim dan bentuk bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Critical Thinking and Problem Solving

o   Siswa menuliskan hal yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

       Siswa mencari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitar mereka (iklim dan bentuk muka bumi). (Mengumpulkan informasi)

       Siswa menjelaskan tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut. Communication

o   Siswa diminta menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber). Literasi

       Siswa diminta memajang karya seni kolase yang telah mereka buat sebelumnya di meja masing-masing. (Mengeksplorasi)

       Siswa menjelaskan hasil karya mereka kepada teman satu kelompok secara bergiliran. Gotong Royong

       Setiap siswa diminta mengamati hasil karya teman-teman mereka dan memberikan komentar sebagai bentuk apresiasi.

o   Siswa menuliskan apresiasi mereka pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja. (Mengkomunikasikan)

o   Kemudian, siswa memilih salah satu hasil karya temannya.

o   Siswa menulis apresiasi mereka atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa. Integritas

o   Siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang hasil karya teman mereka tersebut.

o   Siswa menuliskan bagaimana pendapat mereka tentang hasil karya tersebut.

o   Siswa menuliskan pendapat mereka tentang bagian yang menarik dari karya tersebut beserta alasan.

o   Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut lebih baik lagi.

 

35 Menit X  30 JP

Penutup

¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

¡   Melakukan penilaian hasil belajar

¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

..................

NIP. ....................

........., Juli ....

Guru Kelas 4 

 

 

 

.................

NIP. ....................

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Penilaian Sikap

No

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

 

1. IPS

Diskusi dinilai dengan rubrik

Diskusi dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik

Kreiteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan (1)

Mendengarkan

Selalu

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

Mendengarkan

teman yang

berbicara namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

Masih perlu

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara.

Sering

diingatkan

untuk

mendengarkan

teman yang

sedang

berbicara

namun tidak

mengindahkan

Komunikasi

non verbal

(kontak

mata, bahasa

tubuh, postur,

ekspresi

wajah, suara)

Merespon dan

menerapkan

komunikasi

non verbal

dengan tepat.

Merespon

dengan tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Sering

merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

Membutuhkan

bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal

yang

ditunjukkan

teman.

Partisipasi

(menyampaikan

ide, perasaan,

pikiran)

Isi

pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan

secara

rinci,namun

terkadang

merespon

kurang sesuai

dengan topik.

Jarang

berbicara

selama proses

diksusi

berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP

Mengapresiasi karya kolase dinilai dengan catatan anekdot.

 

 

DOWNLOAD RPP TEMATIK KELAS 4 TEMA 3 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5:

https://drive.google.com/file/d/1uPBLiSxtGBEgUkHhwKGJg12uBXRqkyaV/view?usp=sharing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8

Assalamualaikum wr wb, salam Pendidikan, izin share, Video Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 https://you...